5 hal yang harus dipertimbangkan dalam melakukan investasi properti jangka panjang

5 hal yang harus dipertimbangkan dalam melakukan investasi properti jangka panjang
Jason Strull via Unsplash
person icon
The MAJ Residences Bekasi

Melakukan investasi bukan lah hal yang mudah untuk dilakukan. Terdapat banyak sekali cerita dari orang-orang yang salah langkah dalam penanaman modal, terutama dari investasi yang bersifat jangka panjang.

 

Perlu dimengerti terlebih dahulu bahwa investasi jangka panjang memerlukan waktu yang cukup lama sebelum Anda dapat mendapatkan kembali modal yang ditanam. Dan setelah menunggu beberapa tahun, baru lah Anda dapat menjual investasi Anda dan meraih untung. Risiko yang harus ditanggung pun lebih tinggi dibandingkan investasi jangka pendek, walaupun nilai yang dapat dihasilkan akan jauh lebih besar.

 

Jenis investasi jangka panjang yang sangat marak adalah properti, karena memiliki investasi properti dapat memberikan sumber penghasilan pasif di mana Anda dapat menerima pendapatan tanpa perlu bekerja dari pagi sampai malam.

 

Penghasilan atau Return on Investment (ROI) tersebut dapat berbentuk hasil sewa, penjualan kembali, atau gabungan dari keduanya. Dan ada berbagai pilihan jenis properti yang dapat Anda investasikan, seperti apartemen, rumah kontrakan, rumah kos, tanah, dan ruko.

 

Nilai dari investasi properti sangat stabil dan akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Jika Anda telah melakukan riset yang ekstensif dan mempersiapkan strategi investasi jangka panjang yang matang, bukan tidak mungkin jika Anda dapat memperoleh lebih dari pendapatan rata-rata di pasaran.

 

Namun sebelum Anda menghubungi agen properti terdekat, ada baiknya jika Anda menyimak aspek-aspek penting berikut yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan investasi properti yang bersifat jangka panjang:

 

Jenis properti yang akan diinvestasikan

Dari jenis properti yang telah disebutkan di atas, Anda harus menentukan terlebih dahulu mana yang menurut Anda cocok dan dapat memenuhi harapan Anda dalam hal memperoleh keuntungan. Tentunya properti yang bersifat tempat kediaman merupakan pilihan yang aman dan paling menjanjikan karena tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan primer manusia. Namun mungkin jumlah ROI akan lebih rendah jika dibandingkan dengan properti komersial. Semua tergantung dengan visi dan kemampuan investasi Anda.


Keadaan finansial yang stabil
Melakukan investasi properti ialah sebuah komitmen finansial yang harus Anda bebani dalam jangka waktu yang panjang. Terkadang Anda harus mengeluarkan jumlah yang lebih besar dari yang Anda akan peroleh pada awalnya. Maka dari itu, Anda harus memastikan bahwa keadaan finansial Anda cukup stabil dan dapat menanggung semua pengeluaran dari saat membeli properti hingga di titik waktu di mana Anda mulai menerima penghasilan dari investasi Anda.

 

Lokasi yang menguntungkan

Di dunia properti, lokasi adalah nomor satu. Lokasi akan menentukan adanya calon penyewa atau pembeli dari properti Anda dan juga jenis penyewa jika properti Anda disewakan. Lebih penting lagi, lokasi akan mempengaruhi harga sewa atau jual dari properti Anda. Hal-hal yang perlu Anda perhatikan dari lokasi properti termasuk keamanan dan kebersihan lingkungan sekitar, seberapa strategisnya dari sisi transportasi baik umum dan pribadi, adanya fasilitas-fasilitas yang mendukung seperti sekolah, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan, dan juga jaraknya dengan pusat bisnis.

 

Jenis penyewa

Kalau Anda melakukan investasi properti dengan tujuan untuk disewakan, poin ini sangat penting untuk diperhitungkan. Mayoritas dari pemilik properti lebih mementingkan penyewa yang dapat membayar uang sewa tepat waktu, namun sebenarnya ada lebih banyak aspek yang perlu Anda pertimbangkan dari seorang penyewa. Idealnya, penyewa yang Anda cari harus memiliki latar belakang menyewa yang baik, jujur, dewasa, dan disiplin. 

 

Kondisi pasar

Walaupun nilai properti cenderung meningkat dari tahun ke tahun, namun kondisi pasar properti dapat berubah sewaktu-waktu, lebih lagi jika ada faktor eksternal yang mempengaruhi seperti pandemi coronavirus saat ini. Tetap ada masa-masa pasang surut yang harus Anda perhatikan. Lakukan lah riset yang mendalam mengenai pasar properti yang mutakhir sebelum Anda melangkah lebih lanjut.

the maj bekasi logo inverse
InstagramFacebookTwitterYoutube
the maj group
join our family
Careers Investors
Subscribe for the MAJ GROUP Exclusive news & Offers

By entering your details you consent to be contacted via email by the MAJ group with offers and updates. To opt out, use the unsubscribe link or email unsubscribe@themajgroup.com.

Copyright © 2020 All rights reserved