Fakta Menarik Tentang Bekasi (Bagian ke-2)

Fakta Menarik Tentang Bekasi (Bagian ke-2)
Detiknews
person icon
The MAJ Residences Bekasi

Bekasi memang tiada duanya.

 

Seperti yang telah diulas di artikel mengenai 10 aspek yang mungkin Anda tidak pernah mengetahui tentang Bekasi sebelumnya, kota dan kabupaten yang sebenarnya bukanlah bagian dari DKI Jakarta namun propinsi Jawa Barat ini memiliki banyak aspek yang menawan dan mampu memukau siapa pun.

 

Ya, termasuk juga mereka yang kerap kali memperolok-olokkan Bekasi di dunia maya karena letaknya yang jauh dan cuacanya yang panas. 

 

Akan tetapi, fakta berbicara sebaliknya. Bukti paling konkret yang dapat Anda lihat sekarang adalah berlanjutnya sebuah tulisan yang intinya berbicara tentang keunikan-keunikan yang dapat kita temukan di Bekasi.

 

Jika dalam kolom sebelumnya Anda dapat mengetahui hal-hal mengejutkan seperti bahasa Bekasi dan kerajaan asli di Bekasi yang telah berdiri lama sebelum Kerajaan Tarumanegara, maka Anda akan tersenyum girang dengan apa yang akan Anda baca dalam sesaat lagi.

 

Mulai dari air kali yang pada zamannya dapat diminum dan keberadaan hewan endemik yang hampir punah hingga bangunan tertua di Bekasi, bersiaplah untuk mengeksplorasi dengan lebih dalam di edisi kedua dari 10 fakta menarik mengenai Bekasi: 

 

Baba Lan

Namanya yang cukup aneh mungkin pernah membuat Anda bertanya-tanya, dan ternyata ada penjelasan yang masuk akal dari penamaan kecamatan Babelan di bagian utara kabupaten Bekasi. Kecamatan tersebut diambil namanya dari seorang tuan tanah asal Tiongkok yang biasa dipanggil Baba Lan.

 

Lutung Jawa

Kunjungi kawasan ekowisata mangrove yang terdapat di kecamatan Muara Gembong untuk menemukan hewan endemik lutung jawa yang dilindungi. Satwa primata yang bernama ilmiah Trachypithecus auratus mauritus ini hampir punah dan saat ini hanya berjumlah kurang dari 100 ekor.

 

Cibarusah dan Soekarno

Walaupun banyak yang tidak tahu letak Cibarusah – masih termasuk kabupaten Bekasi! – ternyata kecamatan ini pernah menjadi tempat persinggahan presiden Soekarno dalam perjalanannya menuju Jakarta dari Rengasdengklok guna memberikan nasihat dan arahan kepada para pejuang.

 

Kali jernih

Dalam keadaannya sekarang, mungkin tidak banyak orang yang tahu kalau air dari Kali Bekasi pada tahun 1970-an masih dapat diminum langsung karena saking jernihnya.

 

Bangunan tertua

Di desa Cikedokan, kecamatan Cikarang Barat, dapat ditemukan sebuah bangunan yang pertama kali dibangun pada abad ke-16. Rumah panggung yang bernama Saung Ranggon ini merupakan bangunan tertua yang terdapat di kabupaten Bekasi.

 

Peninggalan bersejarah

Kembali ke kecamatan Babelan, ada sebuah lokasi penemuan artefak dan fosil purbakala yang bernama Situs Buni. Dianggap sebagai tempat harta karun bagi para arkeolog, situs tersebut terdapat di kampung Buni Pasar Mas, desa Buni Bakti.

 

Kulinar khas Bekasi

Masing-masing daerah di seluruh Indonesia dari Sabang hingga Merauke pasti memiliki kuliner khas sendiri yang populer. Untuk Bekasi, makanan autentik yang terkenal dari kabupaten ini adalah sayur gabus pucung yang menggunakan ikan gabus.

 

Bantuan banjir

Banjir besar yang melumpuhkan Jabodetabek di awal tahun 2014 ternyata mengundang rasa empati dari nun jauh di sana. Warga Gaza dari Palestina pernah mengirimkan bantuan kepada korban banjir di Bekasi pada saat itu.

 

Beragam buaya

Berbeda dari tempat wisata lainnya namun memiliki keunikan yang mengagumkan, Taman Buaya Indonesia Jaya di kecamatan Serang Baru merupakan rumah dari kurang lebih 5,000 ekor berbagai jenis buaya.

 

Singkatan gaul

Menunjukkan kreatifitas rakyat Indonesia dalam menyingkat kata-kata, masyarakat sekitar kecamatan Tambelang menyatakan bahwa nama kecamatan tersebut merupakan singkatan dari Tambun Belakang.

 

 

the maj bekasi logo inverse
InstagramFacebookTwitterYoutube
the maj group
join our family
Careers Investors
Subscribe for the MAJ GROUP Exclusive news & Offers

By entering your details you consent to be contacted via email by the MAJ group with offers and updates. To opt out, use the unsubscribe link or email unsubscribe@themajgroup.com.

Copyright © 2020 All rights reserved